FacebookTwitterGoogle+Pinterest
Kisaran Harga Motor BMW G310R 2016 Indonesia,
Setelah Yamaha Xabre hadir meramaikan pasar naked bike di Tanah Air, kini
giliran produsen otomotif ternama asal Jerman, BMW yang akan memanaskan pasar
motor tersebut. PT Maxindo Moto Nusantara (Maxindo Moto) selaku importir resmi
dan distributor tunggal BMW Motorrad di Indonesia berencana akan menghadirkan
BMW G310R.
Naked bike terbaru BMW ini memulai debut
perdananya di ajang EICMA, Italia. Kabar baiknya, motor ini siap meluncur pada
semester kedua tahun 2016 ini.
“Sebetulnya, di semester pertama tahun ini,
unitnya sudah datang untuk keperluan homologasi. Sedangkan untuk pemasarannya
akan dilakukan pada semester kedua tahun 2016,” ujar Joe Frans, Chief Executive
Officer PT Maxindo Moto Nusantara, sebagaimana dilansir dari Dapurpacu.
Menariknya, BMW G310R kabarnya akan memiliki
harga yang cukup kompetitif dengan jangkauan segmen bawah di antara unit BMW
lainnya. “Rencananya, kami akan menjual motor ini dibawah Rp 200 juta (on the
road Jakarta),” jelas Joe.
Motor tanpa fairing ini dirakit di pabrik TVS
yang berada di India. BMW G310R mengandalkan mesin berkapasitas 313 cc,
silinder tunggal 4 katup, DOHC, berpendingin cairan. Mesin tersebut dilengkapi
dengan double overhead camshafts dan sistem injeksi bahan bakar.
Dengan mesin tersebut BMW G310R diklaim dapat
memproduksi daya hingga 34 hp pada putaran mesin 9.500 rpm dengan torsi
maksimum 28 Nm pada putaran 7.500 rpm. Tenaga yang dihembuskan mesin disalurkan
ke roda belakang melalui transmisi enam percepatan. Perlu diketahui, G310R
merupakan motor pertama dari BMW yang dipersenjatai dengan dapur pacu
berkapasitas kecil.
Tampilan BMW G310R tampak kental dengan
perpaduan desain BMW R1200R dan S1000R. Tampilan depannya tampak mirip dengan
bentuk R1200R. Sementara bagian samping terlihat sama dengan S1000R. BMW
mengatakan, meski merupakan motor baru, G310R diharapkan memiliki beberapa
hubungan dengan model yang telah dipasarkan.
BMW G310R memiliki keunikan yang terletak
pada posisi throttle body sistem injeksi dan knalpot yang dibuat terbalik. Hal
ini berbeda dari motor sport pada umumnya. BMW meletakkan saluran masuk throttle
body sistem injeksi di bagian depan, lebih tepatnya di belakang radiator.
Sementara knalpotnya berada di belakang, langsung berhadapan dengan monoshock.
Blok silinder motor ini tidak dibuat berdiri
tegak, melainkan condong miring ke belakang. Bila dicermati, sekilas
tampilannya mirip dengan konfigurasi mesin Honda NSF250 versi Moto3. Karakter
mesin BMW G310R over bore, yang mana pistonnya memiliki diameter 80 mm dan
stroke 62,1 mm.
Tidak hanya itu saja, BMW m) dual channel
sebagai kelengkapan standar dan garpu depan model upside G310R juga telah
dilengkapi dengan sistem ABS (Antilock Brake Syste down. Sedangkan sistem
pengeremannya menggunakan piringan tunggal berukuran 300 mm dengan kaliper
radial empat piston di depan. Untuk rem belakangnya memakai piringan
berdiameter 240 mm dengan kaliper dua piston.
Bobot BMW G310R diklaim terbaik di kelasnya,
yakni hanya mencapai 158 kg. Dengan bobot yang ringan, motor BMW ini dapat
menaklukkan beragam medan dengan baik. Di samping itu konsumsi bahan bakar G310R
diklaim memiliki kualitas yang mumpuni.
Spesifikasi BMW G310R 2016:
Mesin
: silinder tunggal 4 katup DOHC, berpendingin cairan
Kapasitas
: 313cc
Bore
80 mm x stroke 62,1 mm
Induksi
BBM : injeksi
Tenaga
: 34 Hp @ 9.500rpm
Torsi
: 28 Nm @ 7.500 rpm
Tinggi
jok : 785mm
Berat
kosong : 158kg
Sasis
: baja tubular
Suspensi
depan : upside down fork
Suspensi
belakang : monoshock
Rem
: ABS 2 kanal
Cakram
depan : 300mm, kaliper 4-piston
Cakram
belakang : 240 mm kaliper floating 2-piston
Ban
depan : 110/70-17
Ban
belakang : 150/60-17