Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, PWI DKI Gelar Orientasi





PERSATUAN Wartawan Indonesia (PWI) Propinsi DKI Jakarta mengadakan orientasi bagi wartawan di Kantor PWI Jaya, Jakarta, Sabtu (13/9). Orientasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan.


“Dengan kegiatan orientasi ini diharapkan wartawan dapat bekerja profesional sehingga dalam menjalankan tugasnya tidak bersinggungan dengan hukum,” kata Endang Werdiningsih.

Menurut Endang, orientasi ini diharapkan makin banyak wartawan untuk bergabung menjadi anggota PWI. Dengan demikian, PWI kedepan menjadi salah satu organisasi yang besar.

Pada kesempatan itu, Endang mengaku bangga karena tingginya antusias peserta mengikuti orientasi.

Adapun pembicara dalam orientasi tersebut adalah Ketua Umum PWI DKI Jakarta, Endang Werdiningsih; Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Propinsi DKI Jakarta, Sakti Sawung Umbaran dengan menyampaikan materi tentang Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI DKI Jakarta; Wakil Ketua Bidang Kesra PWI DKI Jakarta, Firdaus Baderi dengan menyampaikan materi tentang kode etik jurnalistik, dan Bendahara PWI DKI Jakarta, Abdillah Pahresi dengan materi tentang Hukum Pers.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PWI Propinsi DKI Jakarta, Sakti Sawung Umbaran, menambahkan, orientasi merupakan bagian dari program kerja pengurus PWI DKI Jakarta.

“Dengan mengikuti orientasi dan bergabung menjadi anggota PWI, maka apabila suatu waktu menghadapi masalah maka PWI dapat memberikan bantuan,” kata Sakti Sawung Umbaran.

Sakti juga menyampaikan rasa gembiranya karena tingginya antusias peserta mengikuti orientasi.

“Antusiasme ini diharapkan berkembang lebih baik karena menunjukkan kesadaran untuk berorganisasi,” kata Sakti.

Dalam sesi diskusi, kata Sakti, peserta juga antusias untuk bertanya seputar sejarah PWI, struktur kepengurusan PWI, pembentukan koordinatoriat dibawah PWI, dan pembentukan forum.

Sakti menegaskan bahwa kepengurusan PWI DKI Jakarta saat ini terus berupaya menjalankan kegiatan organisasi sesuai aturan. “Ini penting agar kedepan makin tumbuh kesadaran untuk ikut bergabung dalam organisasi pers,” katanya.

Sekretaris II PWI Propinsi DKI Jakarta, Ahmad Muhajar, menjelaskan pelaksanaan orientasi ini di luar dugaan khususnya peserta orientasi yang mmbludak yakni mencapai 56 orang. Padahal peserta yang ditargetkan hanya 35 orang.

Kedepan, kata Ahmad Muhajar, PWI DKI Jakarta juga akan mengadakan kegiatan orientasi di lima wilayah dan beberapa koordinatoriat PWI di instansi pemerintah. “Dengan demikian, kegiatan orientasi ini diharapkan bisa membesarkan organisasi PWI itu sendiri,” kata Ahmad Muhajar yang juga wartawan senior Radio Republik Indonesia (RRI) ini.

Reporter : Friederich Batari
Redaktur : Yanuar Jatnika
Bagikan berita :
 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. BUANA POST.Com - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI