Hasil Sidang Isbat 2016: Awal Puasa 1 Ramadhan 1437 H Serentak Pada 6 Juni


Hasil sidang isbat 2016 untuk menentukan awal puasa 1 Ramadhan 1437 H memutuskan bahwa hari pertama Ramadan akan jatuh pada Senin, 6 Juni mendatang. Dengan demikian, malam ini umat Islam di seluruh Indonesia dapat melakukan salat tarawih pertama. Dan dipastikan, kebanyakan kaum muslimin Indonesia menggelar puasa secara serentak.

Sebelumnya, Muhammadiyah yang berpedoman pada metode hisab, sudah menentukan bahwa 1 Ramadhan 1437 H akan jatuh pada Senin, 6 Juni 2016. Keputusan ini didasarkan pada perhitungan Majelis Tarjiih dan Tajdid PP Muhammadiyah, ijtimak jelang Ramadhan 1437 H terjadi pada hari Minggu, 5 Juni 2016 pukul 10:01:51 WIB. Dari tinggi bulan saat matahari terbenam, hilal sudah wujud.

Selanjutnya, pemerintah melalui Kementerian Agama, hari ini Minggu, 5 Juni 2016 melakukan sidang isbat untuk menentukan awal puasa yang berlaku untuk seluruh umat Islam di Indonesia. Keputusan sidang isbat ini mesti menunggu matahari terbenam di wilayah Indonesia Barat untuk memastikan hilal sudah wujud atau tidak.



Ketua Tim Hilal dan Hisab Kemenag, Cecep Nurwendai memastikan, bahwa saat matahari tenggelam, posisi  posisi bulan di seluruh titik pengamatan berada pada titik 2,5 – 4,12 derajat. Ia menuturkan, “Semuanya di seluruh Indonesia, bulan sudah di atas ufuk, antara 2,5-4 derajat.”


Kemudian, melalui konferensi pers, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa posisi hilal Lukman pun mengumumkan bahwa posisi hilal dari pantauan di 93 titik sudah terlihat. Dengan demikian, seluruh peserta sidang isbat menyepakati bahwa tanggal 1 Ramadan 1437 H akan jatuh pada esok hari Senin, 6 Juni 2016.

Menteri Agama, dikutip oleh Okezone menuturkan, “Hasil sidang isbat beberapa saat lalu, besok sudah jatuh 1 Ramadan.”


Dengan keputusan ini, maka bagi umat Islam Indonesia, malam ini adalah malam pertama dikerjakannya salat tarawih untuk Ramadan 1437 Hijriyah. (By Fitra Firdaus)
Bagikan berita :
 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. BUANA POST.Com - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI