Menikmati BMW M235i Terbaru di Indonesia

Mobil coupe berdimensi kompak memang selalu menarik untuk disimak.
Kendaraan jenis ini bukan hanya cantik, tapi ia juga lincah dan
berkarakter sport kental. Apalagi bila yang membuatnya adalah BMW.
Sambutlah BMW Seri-2 yang notabene penerus Seri-1 coupe. Tapi berbeda
dari sebelumnya, Seri-2 tidak mentah-mentah mengambil model dari
adiknya, tapi memiliki sejumlah ciri khas. Terlihat dari bentuk lampu
pipih serta garis bodinya yang berbeda. Alhasil ia terlihat pantas
menjadi seri yang lebih tinggi.
Seri-2 di Indonesia hadir dalam 1 trim saja, dan PT BMW Indonesia
memasukkan tipe tertingginya yakni M235i. Penggemar fanatik akan
langsung mempertanyakan status eksotismenya, mengingat mobil ini
hanyalah menyandang emblem M Performance, bukan murni M. Lagipula BMW
memang berencana membuat M2 di tahun depan.
Tapi jangan keburu apatis. Ia boleh saja terlihat lebih sopan
dibanding BMW M baik dari luar maupun dalam. Tapi sesungguhnya DNA
sport yang dimilikinya begitu kental. Bahkan tenaga 326 dk dan torsi 450
Nm bisa dibilang monster untuk ukurannya.
Lajunya juga luar biasa cepat. Ia mampu menuntaskan 0-100 km/jam tak
sampai 5 detik, yang membuatnya berimbang dengan beberapa supercar.
Selain tenaga berlimpah, girboks 8-speed yang digunakan juga begitu
cekatan menyalurkan tenaga.
Di jalan saat konvoi, penampilan M235i memang tak bisa menyaingi mobil
sport tulen seperti McLaren 650S, Mercy SLK 55 AMG atau bahkan
saudaranya sendiri, M3. Tapi ketika kami melakukan taxi ride di kawasan
SCBD, pembaca kami rata-rata tercengang dengan performanya. Belum lagi
raungan mesin 6 silindernya merdu didengar.
Nilai kejutan yang dimiliki mobil ini memang besar. Utamanya karena di
saat normal mobil ini melaju sangat halus. Sehingga begitu pengemudi
menginjak gas penuh dan merasakan kebuasannya, pasti yang menaikinya
langsung terkejut melihat betapa mudahnya mobil ini berubah karakter
saat diminta.
Lebih asyik lagi, BMW juga melengkapi mobil ini dengan Launch Control
yang membuat start dari berhenti bagaikan drag race. Lantas karena
kendali traksi dan kestabilan bisa dimatikan total, tak sulit melakukan
aksi drifting dengan mobil ini.
Harga yang berada di kisaran Rp 1 miliar memang mahal untuk sebuah kupe
kompak. Tapi ingat, harga itu hanya setengah dari M3. Padahal dalam hal
kesenangan berkendara, M235i tak berbeda jauh.
How Fun?
Bagi Anda yang maniak kecepatan murni, mungkin M235i terasa tak sebuas
BMW M sejati. Tapi dengan harga yang ditawarkan, sangat sulit mencari
mobil lain yang bisa begitu menyenangkan dan menegangkan.
How Attractive?
Seri-2 memiliki bentuk depan lebih atraktif dari Seri-1, apalagi
disokong oleh bumper agresif khusus M235i. Tapi tampilannya memang tetap
kurang dramatis bila dibandingkan mobil sport tulen. Untunglah
konfigurasi 2 pintu dengan atap melandai lumayan menambah impak visual.
How Expensive?
Harga Rp 928 juta off the road bisa diasumsikan mahal, bila mengingat
fakta kalau itu tak jauh berbeda dari 435i. Tapi jangan lupa kalau mobil
ini memiliki DNA ala M serta performanya luar biasa.(Fitra Eri)


