Tempat Ngabuburit & Jajanan Buka Puasa di Jakarta



Tidak perlu bingung cari lokasi ngabuburit, dari pada bengong di rumah, atau macet-macetan di jalan, nggak ada salahnya mampir ke beberapa lokasi asyik di Jakarta sembari menunggu berbuka. Come on let’s go! Ya memang paling asyik mengisi waktu menunggu buka puasa dengan ngabuburit di sore hari. Bicara tentang ngabuburit, tentunya sangat identik dengan lokasi atau tempat-tempat asyik untuk menunggu waktu berbuka. Yakni, tempat publik yang ramai dikunjungi masyarakat dan penuh dengan jajanan untuk berbuka puasa. Seperti taman kota, alun-alun, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Ada beberapa spot yang sudah terkenal sebagai tempat langganan untuk ngabuburit setiap tahunnya :

Kota Tua Jakarta
Kota Tua, memang selalu jadi tempat yang seru dan asyik untuk nongkrong bareng teman. Tak hanya saat Ramadan, Kota Tua tak sepi dari serbuan wisatawan yang hendak ngabuburit. Tak perlu khawatir untuk mencari kuliner atau jajanan berbuka. Semua lengkap tersedia di area Kota Tua. Cukup banyak hiburan di Kota Tua.
Anda bisa bermain sepeda onthel, foto-foto dengan bangunan tua dan meriam, atau sekedar duduk-duduk menjadi kegiatan asyik untuk ngabuburit di Kota Tua. Aneka makanan enak pun berjejer di sana dan banyak pilihan sesuai selera Anda.

GinsCo Cafe
Sambil ngabuburit bisa menikmati di GinsCo Cafe, ini merupakan cafe yang terbilang elegan. Dengan desain yang minimalis dan sentuhan klasik ini mempunyai kapasitas pengunjung yang lumayan banyak. GinsCo Cafe juga cocok untuk bersantai bersama teman maupun keluarga. Cafe ini juga sering digunakan untuk tempat meeting, jadi jika Anda ingin menggunakan tempat ini sebagai tempat meeting bersama rekan kerja Anda, tempat ini pas untuk Anda gunakan. Untuk pelayanannya GinsCo Cafe terbilang cekatan dan cepat tanggap. Para waitersnya juga sangat bersahabat, ramah, dan sopan-sopan.

Taman Surapati dan Taman Situlembang, Jakarta Pusat.
Selain pergi berburu jajanan khas Ramadan di pasar tradisional, biasanya banyak juga keluarga dan sekelompok remaja yang menghabiskan waktunya di taman kota yang asri. Contohnya di Taman Surapati, Menteng

Taman Situlembang, Jakarta Pusat
Taman Situlembang di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Di sini Anda bisa duduk-duduk santai sambil menikmati udara segar, menemani anak bermain di air mancur, memancing di danau buatan, atau memberi makan monyet dan burung merpati yang berkeliaran bebas di sekitar situ. Biasanya tempat ini sangat ramai di hari Sabtu dan Minggu sore.

Monas, Monumenrta Pusat
Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat yang lingkungan sekitarnya memang luas dan tertata rapi, sering menjadi sasaran empuk para pelaku ngabuburit untuk sekedar olahraga sore dan jalan-jalan santai. Nah, bagi Anda yang suka jogging dan bersepeda, spot di sekitar Monas bisa jadi pilihan yang cukup menarik untuk mengisi waktu sebelum berbuka.

Pasar Rawamangun, Jakarta Timur
Pasar Rawamangun, juga turut menyemarakkan suasana ngabuburit Jakarta. Berlokasi di seberang terminal Rawamangun, tepatnya di sepanjang jalan Paus hingga jalan Pegambiran. Menjelang sore, Pasar Rawamangun semakin ramai. Membuat pasar ini sangat sempit dan macet karena banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan setiap menjelang berbuka.

Tempatnya yang sempit dan banyak pedagang yang berada di sepanjang gang. Disana, Anda harus rela berdesakan untuk memperoleh makanan buka puasa. Namun harga yang terjangkau dan rasa yang enak membuat pasar ini selalu dipenuhi orang sejak dulu. Anda bisa mendapat aneka macam kolak, kue-kue khas pasar, bubur kacang hijau, gorengan, berbagai macam es dan minuman, bahkan bubur sura yang langka.

Pasar Benhil (Bendungan Hilir), Jakarta Pusat
Pasar Benhil, sudah tak asing jika Anda mendengar namanya. Sejak dahulu pasar Benhil memang dikenal sebagai pusat jajanan kuliner lengkap Ramadan. Pasar yang terletak di kawasan Tanah Abang ini, merupakan salah satu tempat yang sangat ramai dipenuhi pengunjung saat Ramadan setiap tahunnya.
Hal ini wajar, karena tempat ini sangat dekat dengan pusat perkantoran yang menjadikan pasar ini sering diserbu para pekerja sepulang kantor. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai jajanan khas Ramadan seperti aneka kolak, es buah, es selasih, bubur kampium, bubur sumsum, lemang tapai, dan kue-kue khas pasar seperti klepon, getuk, lapis legit, aneka macam gorengan, dan lain sebagainya.
Selain itu Anda juga bisa menemukan berbagai lauk lezat untuk berbuka puasa seperti ikan bakar dan masakan padang. Anda bisa datang di awal pada jam 11.00 WIB dan biasanya pasar ini tutup ketika jam 18.00 WIB.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut, silahkan anda dating bersama keluarga selama bulan Ramadhan ini.(***)
Bagikan berita :
 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. BUANA POST.Com - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI