Sangu Liwet Bu Ika Ciwidey



Banyak Artis Yang Datang Ke Sangu Liwet Bu Ika
Terakhir datang rombongan dari trans tv, di antaranya ada Eno Lerian (mmh...cantik juga), ke Sangu Liwet Bu Ika Ciwidey Kabupaten Bandung hari Senin 25 Oktober 2010. Katanya mau shooting program base camp. Pantas saja yang datang pertama kali ada tentara-tentara gitu.
"Eh..., ada Eno Lerian." Gumam Bu Ika, seakan tidak yakin kalau yang datang itu adalah artis cantik yang dimaksud. "O, iya. Betul Eno Lerian," seorang karyawan Sangu Liwet Bu Ika meng-iyakan.
"Ah mau difoto sama Eno," kata Bu Ika. Disamperinlah Eno oleh Bu Ika, dengan maksud untuk difoto bersama.
"Neng Eno boleh minta difoto dengan saya. Saya bu Ika." pinta bu Ika.
"O..., ini bu Ika-nya. Boleh.., boleh.., aduh Bu, dirapihkan dong kerudungnya!" Eno menyarankan.
Lantas bu Ika bergegas merapihkan pakaiannya. "Bu Ika, sekalian dilipstick ya bibirnya. Biar lebih cerah!" Sambung Eno.
Setelah beres makan, mereka berfoto bersama.
"Wah, bu Ika. Nasi liwetnya uenak banget." Kata Eno, memuji.
"Alhamdulillah, makasih kalo bisa dinikmati." Balas Bu Ika.Beberapa bulan lalu pa Haji Jojon, bintang OKB, pun beberapa kali datang ke Sangu Liwet Bu Ika Ciwidey. Enak sangu liwetnya, gurih. Sampai ketagihan katanya, yang didukung oleh istrinya. Waktu itu Haji Jojon shooting video klip,
untuk albumnya yang mengambil tempatnya di Ciwidey.
  Sebelumnya, beberapa waktu lalu artis si Kabayan, Didi Petet pun memuji keenakan sangu liwet buatan bu Ika. "Tah..., kieu. Kedah urang teh ngajaga budaya Sunda. Sae pisan. Sok teraskeun, sing sukses." kata sang artis.
Dan banyak lagi artis-artis lain yang pernah datang menikmati nikmatnya menu-menu Sangu Liwet Bu Ika Ciwidey, yang ramah, ngeunah, murah.


 Antusias Pengunjung Terhadap Sangu Liwet Bu Ika
Sangu Liwet Bu Ika dilewati jika mau ke Kawah Putih. Sangu Liwet Bu Ika terlewati jika mau ke Situ Patenggang, Ciwalini, Cimanggu, dan tempat wisata lain. Sehingga bisa dibilang dekat dengan obyek wisata Ciwidey seperti Kawah Putih, Ciwalini, Situ Patenggang, dan lain-lain. Banyak pengunjung yang sudah merupakan langganan Rumah Makan (RM) Sangu Liwet Bu Ika khas Sunda di Ciwidey Kabupaten Bandung, Jawa Barat, bahkan wisatawan yang berkunjung ke Bandung dan sekitarnya. Sehingga rumah makan (kami sebut tempat makan) Sangu Liwet Bu Ika merupakan tempat makan baru yang menjadi favorit di Bandung khususnya, Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Karena tidak hanya wisatawan lokal yang ada di sekitar Bandung, tetapi dari luar Jawa Barat, luar Jawa, bahkan luar negeri seperti wisatawan dari Singapura, Malaysia, Thailand sudah banyak yang berkunjung ke rumah makan Sangu Liwet Bu Ika. Yang sudah menemukan tempat makan yang nyaman dan rasa Sangu Liwet (nasi liwet) - nya yang enak sekali. Tidak hanya nasi liwetnya yang enak, tapi makanan dan minuman yang lainnya pun rasanya enak, pas sekali. Sehingga mereka setiap ke Ciwidey, pasti harus selalu mampir ke Sangu Liwet Bu Ika. Karena lokasi rumah makan Sangu Liwet Bu Ika dekat dengan tempat wisata ciwidey seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Ciwalini, Cimanggu, perkebunan Teh, Ranca Upas, dan lain-lain.
Buat pengunjung yang baru datang, mereka baru menemukan pula tempat makan yang nyaman dan utamanya makanannya atau masakannya enak-enak. Salah satu pengunjung pernah menerobos masuk ke dapur Sangu Liwet Bu Ika, saking ingin tahunya resep membuat sangu (nasi) liwet. "Mana bagian dapurnya?" kata pengunjung tersebut, diutarakan oleh bagian dapur bahwa saat itu ada pengunjung yang bertanya. "Bu, apa sih resepnya. Liwetnya koq enak banget. Saya sering ngeliwet (masak liwet,-red) rasanya gak seenak nasi liwet Bu Ika". Pengunjung itu penasaran. Terang saja bagian dapur menerangkan, "Ah..., cuma pake bumbu biasa koq."
Ya..., semua sepakat resep makanan yang sama dengan koki yang berbeda, beda pula rasanya.
Ada lagi yang unik. Ketika musim liburan lebaran hari Raya Idul Fithri, salah satu pengunjung maksa minta liwet dibungkus, tapi pake kastrolnya (panci buat masak liwet). Aneh nih, unik tempatnya. Di kampung saya nggak ada tempat kayak gini. Rupanya pengunjung ini datang dari Sulawesi.
Ada rombongan pengunjung yang rupanya mereka dari karyawan sebuah hotel cukup terkenal. Pimpinan rombongan terus terang pada manajer Sangu Liwet Bu Ika, bahwa membawa timnya agar bisa membandingkan liwet buatan di hotel mereka dengan sangu liwet Bu Ika. Nasi liwet yang suka mereka buat itu lembek, kalo liwet Bu Ika itu pas seperti kita masak nasi biasa bahkan lebih "pulen". Khususnya biar tahu rasanya, harus bisa seperti nasi liwet Bu Ika. Mmmh..., semoga berhasil. Hebat Bu Ika, bisa ngalahin koki hotel. Padahal Bu Ika cuma lulusan SMP. Beliau hanya hobby masak. Memang banyak orang-orang yang mengembangakan hobby-nya dan sukses. Salah satunya Bu Ika ini. Beliau ingin selalu belajar untuk memperkaya resep masakannya. Karena Bu Ika pun belum pernah mengikuti kursus-kursus masak.





Lokasi yang nyaman dengan suasana pedesaan yang indah, udara yang sejuk. Membuat anda kerasan, betah, relaks, melepas stres. Dengan konsep lesehan di dalam saung-saung/bangunan khas pedesaan, menambah terasa menikmati alam pedesaan.

Menu Paket di Sangu Liwet Bu Ika

Sangu Liwet Bu Ika rumah makan khas Sunda di Ciwidey Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menyediakan menu paket untuk bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Diantaranya adalah :

1. Menu Paket Nasi Liwet, yang isinya terdiri dari Nasi liwet, ayam goreng atau bakar (tambah Rp 1.000,-), tahu, tempe, lalab sambal. Dengan harga yang cukup terjangkau, murah bagi semua kalangan yaitu Rp 15.000,- per paket.
2. Menu Paket Nasi Timbel, yang isinya terdiri dari Nasi timbel, ayam goreng atau bakar (tambah Rp 1.000,-), tahu, tempe, lalab sambal. Dengan harga yang cukup terjangkau, murah bagi semua kalangan yaitu Rp 14.000,- per paket.
3. Menu Paket Nasi Tutug Oncom, yang isinya terdiri dari Nasi Tutug Oncom, ayam goreng atau bakar (tambah Rp 1.000,-), tahu, tempe, lalab sambal. Dengan harga yang cukup terjangkau, murah bagi semua kalangan yaitu Rp 15.000,- per paket.









Sangu Liwet Bu Ika, adalah tempat makan di ciwidey, rumah makan ciwidey, rumah makan khas Sunda di Ciwidey Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang memiliki menu utama Sangu liwet (nasi liwet) yang khas. Rasanya enak sekali, berbeda dengan nasi liwet yang lain. Dengan harga yang murah, terjangkau semua kalangan. Didukung oleh menu-menu khas Sunda lainnya yang menambah lebih nikmat untuk menyantapnya. Seperti ayam: goreng/bakar, ayam kampung; ikan: gurame, emas, nila, patin goreng/bakar; tahu, tempe, sayur, karedok, ikan asin: jambal roti, peda, sepat; tak ketinggalan pete dan jengkol.
Selain itu ditunjang oleh lokasi yang nyaman dengan suasana pedesaan yang indah, udara yang sejuk. Membuat anda kerasan, betah, relaks, melepas stres. Sangu Liwet Bu Ika saat ini berlokasi di Ciwidey, Jl. Raya Soreang - Ciwidey Km 25, Cukanggenteng, Kabupaten Bandung Jawa Barat.
Di sini tempat makan yang nyaman. Rumah makan yang menjadi favorit para wisatawan baik domestik, mau pun mancanegara yang berkunjung ke daerah ciwidey, kabupaten Bandung. Rumah makan dengan tempat makan suasana pedesaan, membuat lebih nikmat dan terasa suasana kampungnya/desanya. Karena makanannya memang khas daerah Jawa Barat.
Bagikan berita :
 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. BUANA POST.Com - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI