Kesenian Tradisional di Jabar

class="post-title entry-title">


Sejumlah Kesenian Tradisional di Jabar Nyaris Punah

     Bandung, Buana Post.Com, Kesenian tradisional teater dan sandiwara rakyat dari rumpun seni tutur tradisional menjadi bagian dari 10 persen kesenian tradisional yang punah. Tidak kurang dari 40 kesenian tradisional Jawa Barat dari 243 jenis kesenian terancam punah.
“Ada banyak penyebab punahnya kesenian tradisional di Jawa Barat. Selain karena tokohnya meninggal dunia, kesenian sudah tidak mendapat tempat ataupun tidak ditanggap masyarakatnya serta kalah dengan kesenian yang berkembang saat ini,” demikian dikatakan oleh Drs Nunung Sobari, MM Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.
      Kesenian yang terancam punah menurut Nunung kebanyakan berupa seni teater dan sandiwara rakyat, reog, masres dan sebagainya. "Jika tidak ada upaya dari masyarakat maupun pemerintah daerah, seni yang terancam punah ini justru akan punah. Oleh karena itu, Disparbud Jabar (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat-red) melalui Balai Taman Budaya Jabar melakukan program pewarisan seni dan revitalisasi seni." tutur Nunung.
    Lebih jauh dikatakan Nunung bahwa untuk menangani kepunahan sejumlah kesenian tradisional, Disparbud Jabar melalui BPTB Jabar (Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat-red) melakukan program revitalisasi dan pewarisan. Program pewarisan yang diselenggarakan sejak tahun 2005 hingga 2011 telah merevitalisasi 11 kesenian tradisional. "Tahun 2012 ada tiga kesenian yang masuk program revitalisasi dan 13 kesenian masuk program pewarisan."ujar Nunung.
    Kesenian tradisional yang berhasil direvitalisas menurut Nunung  meliputi kesenian Topeng Lakon (Kab. Cirebon), Gondang Buhun (Kab. Ciamis), Angklung Badud (Kota Tasikmalaya), Parebut Seeng (Kab. Bogor), Goong Kaman (Kab. Bekasi), Cokek (Kab. Bekasi), Gamelan Ajeng (Kab. Karawang), Topeng Menor (Kab. Subang), Randu Kentir (Kab. Indramayu), Seni Uyeg (Kota Sukabumi) dan Ketuk Tilu Buhun (Kota Bandung). “Dari kesebelas kesenian yang punah dan nyaris punah, kesenian Uyeg pada masa kerajaan Padjajaran abad ke 15 yang paling tua, dan tahun ini ada empat yang masuk program revitalisasi,” papar Nunung.
    Dikatakan Nunung bahwa selain kendala tokoh maupun pelaku seni, kendala anggaran menjadi penyebab tersendatnya upaya-upaya pelestarian kesenian tradisional. Setiap tahunnya Disparbud melalui BPTB Jabar baru hanya mampu menjalankan program revitalisasi antara tiga hingga lima kesenian tradisional. "Sementara program pewarisan yang baru dilaksanakan tahun 2011 hingga tahun ini direncanakan 23 kesenian,” katanya.
    Namun demikian menurut Nunung bahwa program pewarisan dan revitalisasi yang dilaksanakan Disparbud Jabar melalui BPTB Jabar selain berhasil menyelamatkan kesenian tradisional, juga mengangkat tokohnya serta menghidupkan kembali perekonomian para pelakunya. "Contohnya sepertikesenian tradisional Parebut Seeng yang kini sudah difestivalkan untuk menumbuhkan rasa cinta berkesenian di masyarakat, juga mampu menghidupkan pengrajin alat kesenian yang dipergunakan serta lainnya." tandas  Drs Nunung Sobari, MM Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, pada acara Forum Diskusi Wartawan Bandung, yang di gelara di Toko Yu, Jalan Hasanudin Bandung, Jawa Barat pada hari Rabu 22 Februari 2013.   (Dandan).
Bagikan berita :
 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. BUANA POST.Com - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI