Quote: Suasana Haru, Menyertai Pelepasan Kepala SMAN 107 Jakarta | BUANA POST.Com
Anak Cerdas Dambaan Semua Orangtua *** DKI: Siswa Tidak Boleh Bawa Kendaraan Sendiri *** Batik Betawi, Batik Islami *** Memberi Nama Pada si Kecil *** Jokowi Imbau Siswa Gunakan Bus Sekolah

Suasana Haru, Menyertai Pelepasan Kepala SMAN 107 Jakarta

Admin | 08.29 |



Suasana Haru,  Menyertai Pelepasan Kepala SMAN 107 Jakarta
Jakarta Timur, BUANA POST.com
        Puluhan tenaga didik dan ratusan siswa SMA Negeri 107 Jakarta, menitikkan air mata dalam acara lepas sambut kepala SMA Negeri 107 Jakarta dari Drs Cipto Edi Sutopo, MPd kepada Drs Kartono, MM. Dengan tema “Melepas Dengan Do’a dan Kenangan  &  Menyambut  dengan Semangat dan Harapan Baru”. yang digelar di lapangan sekolah pada Sabtu pagi 9 Desember 2012  jam 09.00.WIB. (09/XII/12).
      “Selamat jalan pak Cipto, kami lepas engkau dengan do’a dan kenangan”. “Selamat datang pak Kartono, kami sambut engkau dengan semangat dan harapan baru” Demikian bunyi kalimat yang tertulis di spanduk yang terbentang menghiasi panggung, sangat indah dan jelas terbaca bagi yang membacanya.
      Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” bersama-sama seluruh tamu undangan yang hadir dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh HJ. Sri dan Saritilawah oleh Mita Ghasyiyah, SPd, mengawali acara lepas sambut kepala sekolah.
      Sejumlah kata sambutan berturut-turut disampaikan, oleh Ketua OSIS mewakili seluruh siswa (kelas X, XI dan kelas XII-red), kata sambutan disampaikan oleh Drs. Salamet, MPd perwakilan guru, kata sambutan disampaikan oleh Ketua Komite Sekolah Drs. Syafruddi Yusuf, MPd,
      Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Drs Cipto Edi Sutopo, kata sambutan disampaikan oleh Drs Kartono, MM dan kata sambutan yang disampaikan oleh Kasudin Dikmen Jakarta Timur DR HJ. Rita Aryani      
        Drs Cipto Edi Sutopo, MPd yang telah mengabdikan diri sebagai kepala sekolah  SMA Negeri 107 Jakarta. Selama kepemimpinan Drs Cipto Edi Sutopo sebagai kepala sekolah, banyak kemajuan yang sudah dicapai sekolah ini baik di bidang akademika maupun non akademika diantaranya sudah dua kali berurut-turut SMA Negeri 107 Jakarta meraih kelulusan 100% siswa kelas XII sebagai peserta UN (Ujian Nasional-red) jujur dan berprestasi dengan nilai cukup memuaskan dan membanggakan semua pihak.
      Bagi siswa-siswi berprestasi dengan nilai tertinggi pertama, kepala sekolah memberikan kepada siswa tersebut gratis 6 (enam) bulan bebas IRB (Iuran Rutin Bulanan-red) dan nilai tertinggi kedua diberikan diskon 50%  IRB. Begitu pula sejumlah siswanya di terima di beberapa PTN (Perguruan Tinggi Negeri-red) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta-red) di Indonesia melalui jalur undangan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri-red) dan PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan-red).
      Dalam berbagai ajang perlombaan baik ditingkat wilayah, tingkat provinsi dan tingkat nasional, SMA Negeri 107 Jakarta selalu mengirimkan siswa-siswi terbaiknya mewakili dan sebagai  utusan dari SMA Negeri 107 Jakarta untuk maju dan tampil di ajang lomba untuk meraih prestasi.
       Faizin siswa kelas X-4 meraih juara Seni Kriya FLS2N 2012 tingkat nasional di NTB dan pihak sekolah kepada Faizin memberikan beasiswa selama setahun dan pergi ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. juara Marching band,  dan masih banyak kejuaraan lainnya yang diperoleh SMA Negeri 107 Jakarta.
     Alhamdulillah perjuangan siswa-siswi terbaik tidak sia-sia, meraih kesuksesan yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama baik sekolah. Sehingga jumlah piala, medali (medali emas, medali perak dan medali perunggu-red) dan piagam penghargaan yang diperoleh SMA Negeri 107 Jakarta semakin bertambah.  
        Selama kepemimpinan Drs Cipto Edi Sutopo sebagai kepala SMA Negeri 107 Jakarta  cukup membanggakan  bagi warga sekolah SMA Negeri 107 Jakarta,  semuanya berjalan lancar dan aman karena segala fasilitas dan kebutuhan guru, karyawan dan siswa telah tersedia. Sehingga nama SMA Negeri 107 Jakarta dikenal orang dan dicari oleh orangtua baik dari dalam kota Jakarta maupun dari luar kota Jakarta, untuk mendaftarkan putra-putrinya bersekolah di SMA Negeri 107 Jakarta.
       Begitu pula dalam penerimaan peserta didik baru setiap tahun ajaran baru, sekolah SMA Negeri 107 Jakarta kewalahan menerima pendaftaran peserta didik baru yang datang dari dalam kota maupun dari luar kota Jakarta, melebihi jumlah kapasitas bangku yang ada disekolah ini.   
          Kepala TU (Tata Usaha-red) Sarijan, SPd kepada BUANA POST.com mengatakan bahwa  kepergian pak Cipto Edi Sutopo dari sekolah ini (SMA Negeri 107 Jakarta-red) dan bertugas di SMA Negeri 102 Jakarta sebagai kepala sekolah disana. “Memang sungguh, meninggalkan kesan yang sangat amat mendalam dan takkan terlupakan. Beliau sangat gigih dan bersemangat untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini (SMA Negeri 107 Jakarta-red), sehingga banyak prestasi yang diraih baik dibidang akademik maupun non akademik”.paparnya. Lanjut,  “Selama ini kami dibimbing dan di bina oleh beliau dan hasilnya dapat kami rasakan, sekolah berprestasi sehingga mengharumkan nama baik sekolah SMA Negeri 107 Jakarta. Beliau penuh perhatian dan memperhatikan kepada guru-guru, karyawan soal kesejahteraan, kesehatan dan lain sebagainya sehingga sangat terasa sekali rasa persaudaraan dan kekeluargaannya. Begitu pula kepada siswa-siswi beliau sangat memperhatikan, bagaikan hubungan antara orangtua dan anaknya sendiri”.tandas Sarijan, SPd kepada Nila Lubis dari BUANA POST.com di sela-sela acara lepas sambut kepala sekolah.  
       Ditempat yang sama Frida Hutasoit, SPd rekannya Sarijan, SPd kepada BUANA POST.com mengatakan, Diajang perlombaan FLS2N, SMA Negeri 107 Jakarta meraih juara Seni Kriya FLS2N 2012 tingkat nasional yang digelar di NTB. “Kami akan terus berjuang untuk meningkatkan prestasi SMA Negeri 107 Jakarta sesuai pesan - pesan dari pak Cipto dalam pidatonya tadi”.ujar Frida Hutasoit, SPd. 
      Acara lepas sambut kepala sekolah SMA Negeri 107 Jakarta yang digelar dan  dihadiri Kasudin Dikmen Jakarta Timur DR HJ. Rita Aryani, Kasi SMA, Kasi Tendik, Pengawas sekolah, Korwas, kepala sekolah SMA negeri se- Jakarta Timur.
Dihadiri pula dari kedua sekolah yakni Pengurus Komite sekolah, Dewan Guru, karyawan, pengurus OSIS, dan  tokoh masyarakat setempat.  
      Tak berdaya melihat isak tangis para siswa, para guru, bahkan sejumlah tamu undangan lainnya, juga turut menitikkan airmata ketika kepala sekolah Drs Cipto Edi Sutopo, MPd berpelukan satu persatu siswa-siswi dan melepas ratusan siswa-siswi SMA Negeri 107 Jakarta. Kemudia Sobarun, SPd membacakan do’a penutup acara lepas sambut kepala sekolah.
        Acara pelepasan kepala sekolah SMA Negeri 107 Jakarta dimeriahkan dengan aksi dan atraksi dari para siswa yang aktif dan kreatif di bidang seni yakni pembacaan puisi untuk Drs Cipto Edi Sutopo dibacakan oleh Frida Hutasoit, SPd, puisi untuk Drs Kartono, MM dibacakan oleh Drs Sahri Erro,
         Marching band, Marawis (Rohis Putra), Qasidah (Rohis Putri), vocal group dan group band dengan menampilkan lagu-lagu nostalgia tempo dulu dan lagu-lagu masa kini. Dibawakan langsung oleh siswa-siswi dan bapak guru/ibu guru yang memiliki suara emas menyanyikan beberapa buah lagu dan mendapatkan sambutan dan tepuk tangan yang luar biasa dari tamu undangan yang hadir, atas lagu yang dinyanyikannya itu dan MC dibawakan oleh Drs Muchdan dan Sarmida Saragih, SPd.
        Pemberian kenang-kenang kepada Drs Cipto Edi Sutopo dari Guru, Karyawan, Siswa, Koperasi, Dansos dan Guru Seni Rupa.   (Nila Lubis/BP).

Category: ,